NO
|
DIAGNOSA
|
TINDAKAN
|
PERTEMUAN
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5 S.D 12
|
||||||||
1.
|
Identifikasi
penyebab isolasi sosial: siapa yang
|
1. Evaluasi
kegiatan berkenalan (berapa
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan berkenalan (berapa
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan berkenalan, bicara
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan
|
||||
serumah, siapa yang dekat,
yang tidak dekat,
|
orang). Beri pujian
|
orang) & bicara saat
melakukan dua kegiatan
|
saat melakukan empat
kegiatan harian. Beri
|
berkenalan, berbicara saat
|
||||||||
dan apa
sebabnya
|
2. Latih
cara berbicara saat melakukan
|
harian. Beri
pujian
|
pujian
|
melakukan
kegiatan harian dan
|
||||||||
2.
|
Keuntungan punya teman dan bercakap-cakap
|
kegiatan
harian (latih 2 kegiatan)
|
2.
|
Latih cara
berbicara saat melakukan kegiatan
|
2.
|
Latih cara
bicara sosial: meminta sesuatu,
|
sosialisasi.
Beri pujian
|
|||||
3.
|
Kerugian
tidak punya teman dan tidak
|
3. Masukkan
pada jadual kegiatan untuk
|
harian (2
kegiatan baru)
|
menjawab
pertanyan
|
2.
|
Latih
kegiatan harian
|
||||||
PASIEN
|
bercakap-cakap
|
latihan
berkenalan 2- 3 orang pasien,
|
3.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan
|
3.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan
|
3.
|
Nilai
kemampuan yang telah
|
||||
4.
|
Latih cara
berkenalan dengan pasien dan
|
perawat dan
tamu, berbicara saat
|
berkenalan 4-5 orang, berbicara saat melakukan
|
berkenalan
>5 orang, orang baru, berbicara saat
|
mandiri
|
|||||||
perawat atau
tamu
|
melakukan
kegiatan harian
|
4 kegiatan
harian
|
melakukan
kegiatan harian dan sosialisasi
|
4.
|
Nilai apakah
isolasi sosial teratasi
|
|||||||
5.
|
Masukan pada jadual kegiatan untuk latihan
|
|||||||||||
berkenalan
|
||||||||||||
1
|
ISOLASI
|
|||||||||||
SOSIAL
|
1.
|
Diskusikan
masalah yg dirasakan dalam
|
1. Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
|||
merawat
pasien
|
merawat/melatih
pasien berkenalan dan
|
merawat/melatih
pasien berkenalan, berbicara
|
merawat/melatih
pasien berkenalan, berbicara
|
merawat/melatih
pasien
|
||||||||
2.
|
Jelaskan
pengertian, tanda & gejala, dan
|
berbicara
saat melakukan kegiatan
|
saat
melakukan kegiatan harian. Beri pujian
|
saat
melakukan kegiatan harian/RT, berbelanja.
|
berkenalan,
berbicara saat
|
|||||||
proses terjadinya isolasi sosial (gunakan booklet)
|
harian. Beri
pujian
|
2.
|
Jelaskan
cara melatih pasien melakukan
|
Beri pujian
|
melakukan
kegiatan harian/RT,
|
|||||||
3.
|
Jelaskan
cara merawat isolasi sosial
|
2. Jelaskan
kegiatan rumah tangga yang
|
kegiatan
sosial seperti berbelanja, meminta
|
2.
|
Jelaskan
follow up ke RSJ/PKM, tanda
|
berbelanja
& kegiatan lain dan
|
||||||
KELUARGA
|
4.
|
Latih dua
cara merawat berkenalan, berbicara
|
dapat
melibatkan pasien berbicara
|
sesuatu dll
|
kambuh,
rujukan
|
follow up.
Beri pujian
|
||||||
saat
melakukan kegiatan harian
|
(makan,
sholat bersama) di rumah
|
3.
|
Latih
keluarga mengajak pasien belanja saat
|
3.
|
Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual
|
2.
|
Nilai
kemampuan keluarga
|
|||||
5. Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
3. Latih
cara membimbing pasien
|
besuk
|
kegiatan dan
memberikan pujian
|
merawat
pasien
|
||||||||
memberikan
pujian saat besuk
|
berbicara
dan memberi pujian
|
4.
|
Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
3.
|
Nilai
kemampuan keluarga
|
|||||||
4. Anjurkan
membantu pasien sesuai
|
berikan
pujian saat besuk
|
melakukan
kontrol ke RSJ/PKM
|
||||||||||
jadual saat
besuk
|
||||||||||||
1.
|
Identifikasi
masalah perawatan diri:
|
1. Evaluasi
kegiatan kebersihan diri. Beri
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan kebersihan diri dan
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan kebersihan diri, berdandan,
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan
|
||||
kebersihan
diri, berdandan, makan/minum,
|
pujian
|
berdandan.
Beri pujian
|
makan &
minum. Beri pujian
|
perawatan
diri: kebersihan diri,
|
||||||||
BAB/BAK
|
2.
|
2. Jelaskan cara dan alat untuk berdandan
|
2. Jelaskan
cara dan alat makan dan minum
|
2. Jelaskan
cara BAB dan BAK yang baik
|
berdandan, makan & minum, BAB &
|
|||||||
Jelaskan
pentingnya kebersihan diri
|
3. Latih
cara berdandan setelah
|
3.
|
Latih cara
makan dan minum yang baik
|
3.
|
Latih BAB
dan BAK yang baik
|
BAK. Beri
pujian
|
||||||
3.
|
Jalaskan
cara dan alat kebersihan diri
|
kebersihan
diri: sisiran, rias muka untuk
|
4.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan
|
4.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan
|
2.
|
Latih
kegiatan harian
|
||||
PASIEN
|
4.
|
Latih cara menjaga kebersihan diri: mandi dan
|
perempuan;
sisiran, cukuran untuk pria
|
kebersihan diri, berdandan dan makan & minum
|
kebersihan
diri, berdandan, makan & minum
|
3.
|
Nilai
kemampuan yang telah
|
|||||
ganti pakaian, sikat gigi,
cuci rambut, potong
|
4. Masukkan pada jadual
kegiatan untuk
|
yang baik
|
dan BAB&BAK
|
mandiri
|
||||||||
kuku
|
kebersihan diri dan
berdandan
|
4.
|
Nilai apakah perawatan diri
telah
|
|||||||||
5.
|
Masukan
pada jadual kegiatan untuk latihan
|
baik
|
||||||||||
mandi, sikat gigi (2 kali
per hari), cuci rambut (2
|
||||||||||||
DEFISIT
|
kali per minggu), potong
kuku (satu kali per
|
|||||||||||
2
|
PERAWATAN
|
minggu)
|
||||||||||
DIRI
|
||||||||||||
1.
|
Diskusikan
masalah yg dirasakan dalam
|
1. Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
||||
merawat pasien
|
merawat/melatih pasien
kebersihan diri.
|
merawat/melatih pasien
kebersihan diri dan
|
merawat/melatih pasien
kebersihan diri,
|
merawat/melatih pasien
dalam
|
||||||||
2.
|
Jelaskan pengertian, tanda
& gejala, dan
|
Beri pujian
|
berdandan. Beri pujian
|
berdandan, makan &
minum. Beri pujian
|
perawatan diri: kebersihan
diri,
|
|||||||
proses terjadinya defisit
perawatan diri
|
2. Latih dua (yang lain)
cara merawat :
|
2.
|
Bimbing keluarga merawat
kebersihan diri
|
2.
|
Bimbing keluarga merawat
BAB dan BAK
|
berdandan,
makan & minum, BAB &
|
||||||
(gunakan booklet)
|
Makan & minum, BAB
& BAK
|
dan berdandan dan makan
& minum pasien
|
pasien
|
BAK. Beri pujian
|
||||||||
KELUARGA
|
3.
|
Jelaskan cara merawat
defisit perawatan diri
|
3. Anjurkan membantu pasien
sesuai
|
3.
|
Anjurkan membantu pasien
sesuai jadual dan
|
3.
|
Jelaskan follow up ke
RSJ/PKM, tanda
|
2.
|
Nilai kemampuan keluarga
|
|||
4.
|
Latih
dua cara merawat : kebersihan diri dan
|
jadual dan memberi pujian
|
berikan pujian
|
kambuh, rujukan
|
merawat pasien
|
|||||||
berdandan
|
4.
|
Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
3.
|
Nilai
kemampuan keluarga
|
||||||||
5. Anjurkan membantu pasien
sesuai jadual dan
|
memberikan pujian
|
melakukan kontrol ke
RSJ/PKM
|
||||||||||
memberikan pujian
|
||||||||||||
NO
|
DIAGNOSA
|
TINDAKAN
|
PERTEMUAN
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5 S.D 12
|
|||||||||
1.
|
Identifikasi halusinasi:
isi, frekuensi, waktu
|
1.
|
Evaluasi kegiatan
menghardik. Beri
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan menghardik & obat.
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan menghardik & obat
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan
|
||||
terjadi,
situasi pencetus, perasaan, respon
|
pujian
|
Beri pujian
|
&
bercakap-cakap. Beri pujian
|
menghardik
& obat & bercakap-
|
|||||||||
2.
|
Jelaskan cara mengontrol
halusinasi: hardik,
|
2.
|
Latih cara mengontrol
halusinasi
|
2.
|
Latih cara mengontrol halusinasi dg bercakap-
|
2.
|
Latih cara mengontrol
halusinasi dg
|
cakap & kegiatan harian. Beri pujian
|
|||||
obat,
bercakap-cakap, melakukan kegiatan
|
dengan obat
(jelaskan 6 benar: jenis,
|
cakap saat
terjadi halusinasi
|
melakukan
kegiatan harian (mulai 2 kegiatan)
|
2.
|
Latih
kegiatan harian
|
||||||||
PASIEN
|
3.
|
Latih cara mengontrol
halusinasi dg
|
guna, dosis,
frekuensi, cara, kontinuitas
|
3.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan
|
3.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan
|
3.
|
Nilai
kemampuan yang telah
|
||||
menghardik
|
minum obat)
|
menghardik,
minum obat dan bercakap-cakap
|
menghardik,
minum obat, bercakap-cakap dan
|
mandiri
|
|||||||||
4.
|
Masukan pada jadual
kegiatan untuk latihan
|
3.
|
Masukkan pada jadual
kegiatan untuk
|
kegiatan
harian
|
4.
|
Nilai apakah
halusinasi terkontrol
|
|||||||
menghardik
|
latihan
menghardik dan minum obat
|
||||||||||||
3
|
HALUSINASI
|
||||||||||||
1.
|
Diskusikan
masalah yg dirasakan dalam
|
1.
|
Evaluasi kegiatan keluarga
dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
||||
merawat
pasien
|
merawat/melatih
pasien menghardik.
|
merawat/melatih
pasien menghardik dan
|
merawat/melatih
pasien menghardik,
|
merawat/melatih
pasien
|
|||||||||
2.
|
Jelaskan pengertian, tanda
& gejala, dan
|
Beri pujian
|
memberikan
obat. Beri pujian
|
memberikan obat & bercakap-cakap. Beri pujian
|
menghardik
& memberikan obat &
|
||||||||
proses
terjadinya halusinasi (gunakan booklet)
|
2.
|
Jelaskan 6 benar cara
memberikan
|
2.
|
Jelaskan
cara bercakap-cakap dan melakukan
|
2.
|
Jelaskan
follow up ke RSJ/PKM, tanda
|
bercakap-cakap
& melakukkan
|
||||||
3.
|
Jelaskan cara merawat
halusinasi
|
obat
|
kegiatan
untuk mengontrol halusinasi
|
kambuh,
rujukan
|
kegiatan
harian dan follow up. Beri
|
||||||||
KELUARGA
|
4.
|
Latih cara
merawat halusinasi: hardik
|
3.
|
Latih cara
memberikan/ membimbing
|
3.
|
Latih dan
sediakan waktu bercakap-cakap
|
3.
|
Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
pujian
|
||||
5.
|
Anjurkan membantu pasien
sesuai jadual dan
|
minum obat
|
dengan
pasien terutama saat halusinasi
|
memberikan
pujian
|
2.
|
Nilai
kemampuan keluarga
|
|||||||
memberi
pujian
|
4. Anjurkan
membantu pasien sesuai
|
4. Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
merawat
pasien
|
||||||||||
jadual dan
memberi pujian
|
memberikan
pujian
|
3. Nilai
kemampuan keluarga
|
|||||||||||
melakukan
kontrol ke RSJ/PKM
|
|||||||||||||
1.
|
Identifikasi
penyebab, tanda & gejala, PK yang
|
1.
|
Evaluasi kegiatan latihan
fisik. Beri
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan fisik & obat. Beri
|
1.
|
Evaluasi kegiatan latihan fisik & obat & verbal.
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan fisik1,2
|
||||
dilakukan,
akibat PK
|
pujian
|
pujian
|
Beri pujian
|
& obat
& verbal & spiritual. Beri
|
|||||||||
2.
|
Jelaskan cara mengontrol
PK: fisik, obat,
|
2.
|
Latih cara mengontrol PK
dengan obat
|
2.
|
Latih cara
mengontrol PK secara verbal (3
|
2.
|
Latih cara
mengontrol spiritual (2 kegiatan)
|
pujian
|
|||||
PASIEN
|
verbal,
spiritual
|
(jelaskan 6
benar: jenis, guna, dosis,
|
cara, yaitu: mengungkapkan, meminta, menolak
|
3.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan
|
2.
|
Nilai
kemampuan yang telah
|
||||||
3.
|
Latihan cara
mengontrol PK secara fisik: tarik
|
frekuensi,
cara, kontinuitas minum obat)
|
dengan
benar)
|
fisik, minum
obat, verbal dan spiritual
|
mandiri
|
||||||||
nafas dalam
dan pukul kasur dan bantal
|
3.
|
Masukkan pada jadual
kegiatan untuk
|
3.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan
|
3.
|
Nilai apakah
PK terkontrol
|
|||||||
4.
|
Masukan pada jadual
kegiatan untuk latihan
|
latihan
fisik dan minum obat
|
fisik, minum
obat dan verbal
|
||||||||||
fisik
|
|||||||||||||
4
|
RISIKO PK
|
1.
|
Diskusikan
masalah yg dirasakan dalam
|
1.
|
Evaluasi kegiatan keluarga
dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
||
merawat
pasien
|
merawat/melatih
pasien fisik. Beri pujian
|
merawat/melatih
pasien fisik dan memberikan
|
merawat/melatih
pasien fisik, memberikan
|
merawat/melatih
pasien fisik,
|
|||||||||
2.
|
Jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan
|
2.
|
Jelaskan 6 benar cara memberikan
|
obat. Beri pujian
|
obat, latihan bicara yang
baik & kegiatan
|
memberikan obat, cara
bicara yang
|
|||||||
proses terjadinya PK
(gunakan booklet)
|
obat
|
2.
|
Latih
cara membimbing: cara bicara yang baik
|
spiritual. Beri pujian
|
baik & kegiatan
spiritual dan follow
|
||||||||
KELUARGA
|
3.
|
Jelaskan cara merawat PK
|
3.
|
Latih cara
memberikan/membimbing
|
3.
|
Latih cara membimbing
kegiatan spiritual
|
2.
|
Jelaskan follow up ke
RSJ/PKM, tanda
|
up. Beri pujian
|
||||
4. Latih
satu cara merawat PK dengan
|
minum obat
|
4. Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
kambuh,
rujukan
|
2. Nilai
kemampuan keluarga
|
|||||||||
melakukan kegiatan fisik:
tarik nafas dalam dan
|
4.
|
Anjurkan membantu pasien sesuai
|
memberikan pujian
|
3.
|
Anjurkan membantu pasien
sesuai jadual dan
|
merawat pasien
|
|||||||
pukul kasur dan bantal
|
jadual dan memberi pujian
|
memberikan pujian
|
3.
|
Nilai kemampuan keluarga
|
|||||||||
5. Anjurkan membantu pasien
sesuai jadual dan
|
melakukan kontrol ke
RSJ/PKM
|
||||||||||||
memberi
pujian
|
|||||||||||||
1.
|
Identifikasi kemampuan
melakukan kegiatan
|
1.
|
Evaluasi kegiatan pertama
yang telah
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan pertama dan kedua yang
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan pertama, kedua, dan ketiga
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan dan
|
||||
dan aspek positif pasien
(buat daftar kegiatan)
|
dilatih dan berikan pujian
|
telah dilatih dan berikan
pujian
|
yang telah dilatih dan
berikan pujian
|
berikan pujian.
|
|||||||||
2.
|
Bantu pasien menilai kegiatan yang dapat
|
2.
|
Bantu pasien memilih kegiatan kedua
|
2.
|
Bantu pasien memilih
kegiatan ketiga yang
|
2.
|
Bantu pasien memilih
kegiatan keempat yang
|
2.
|
Latih
kegiatan dilanjutkan sampai
|
||||
dilakukan
saat ini (pilih dari daftar kegiatan) :
|
yang akan
dilatih
|
akan dilatih
|
akan dilatih
|
tak
terhingga
|
|||||||||
buat daftar kegiatan yang
dapat dilakukan saat
|
3.
|
Latih kegiatan kedua kedua
(alat dan
|
3.
|
Latih kegiatan ketiga (alat
dan cara)
|
3.
|
Latih kegiatan keempat
(alat dan cara)
|
3.
|
Nilai kemampuan yang telah
|
|||||
PASIEN
|
ini
|
cara)
|
4.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan:
|
4.
|
Masukkan
pada jadual kegiatan untuk latihan:
|
mandiri
|
||||||
3.
|
Bantu pasien memilih salah
satu kegiatan
|
4.
|
Masukkan pada jadual
kegiatan untuk
|
tiga
kegiatan, masing-masing dua kali per hari
|
empat
kegiatan masing-masing dua kali per hari
|
4.
|
Nilai apakah
harga diri pasien
|
||||||
yang dapat
dilakukan saat ini untuk dilatih
|
latihan: dua kegiatan masing2 dua kali per
|
meningkat
|
|||||||||||
4.
|
Latih kegiatan yang dipilih (alat dan cara
|
hari
|
|||||||||||
melakukannya)
|
|||||||||||||
5.
|
Masukan pada jadual kegiatan untuk latihan
|
||||||||||||
dua kali per hari
|
|||||||||||||







NO
|
DIAGNOSA
|
TINDAKAN
|
PERTEMUAN
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5 S.D 12
|
||||||||
HARGA DIRI
|
1.
|
Diskusikan
masalah yg dirasakan dalam
|
1.
|
Evaluasi kegiatan keluarga
dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1. Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
|||
5
|
merawat
pasien
|
membimbing
pasien melaksanakan
|
membimbing
pasien melaksanakan kegiatan
|
membimbing
pasien melaksanakan kegiatan
|
membimbing
pasien melakukan
|
|||||||
RENDAH
|
2.
|
Jelaskan
pengertian, tanda & gejala, dan
|
kegiatan
pertama yang dipilih dan dilatih
|
pertama dan
kedua yang telah dilatih. Beri
|
pertama,
kedua dan ketiga. Beri pujian
|
kegiatan
yang dipilih oleh pasien.
|
||||||
proses
terjadinya harga diri rendah (gunakan
|
pasien. Beri
pujian
|
pujian
|
2. Bersama
keluarga melatih pasien melakukan
|
Beri pujian
|
||||||||
booklet)
|
2.
|
Bersama keluarga melatih
pasien
|
2.
|
Bersama
keluarga melatih pasien melakukan
|
kegiatan
keempat yang dipilih
|
2.
|
Nilai
kemampuan keluarga
|
|||||
3.
|
Diskusikan
kemampuan atau aspek positif
|
dalam
melakukan kegiatan kedua yang
|
kegiatan
ketiga yang dipilih
|
3. Jelaskan
follow up ke RSJ/PKM, tanda
|
mmbimbing
pasien
|
|||||||
pasien yang
pernah dimiliki sebelum dan setelah
|
dipilih
pasien
|
3.
|
Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
kambuh,
rujukan
|
3.
|
Nilai
kemampuan keluarga
|
||||||
KELUARGA
|
sakit
|
4. Jelaskan
|
3.
|
Anjurkan membantu pasien
sesuai
|
berikan
pujian
|
4. Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
melakukan
kontrol ke RSJ/PKM
|
|||||
cara merawat
harga diri rendah terutama
|
jadual dan
memberi pujian
|
memberikan
pujian
|
||||||||||
memberikan
pujian semua hal yang positif pada
|
||||||||||||
pasien
|
||||||||||||
5.
|
Latih
keluarga memberi tanggung jawab
|
|||||||||||
kegiatan
pertama yang dipilih pasien: bimbing
|
||||||||||||
dan beri
pujian
|
||||||||||||
6.
|
Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
|||||||||||
memberikan
pujian
|
||||||||||||
1.
|
Identifikasi
beratnya masalah risiko bunuh
|
1.
|
Evaluasi kegiatan berpikir
positif
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan berpikir positif tentang diri,
|
1. Evaluasi
kegiatan berpikir positif tentang diri,
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan latihan
|
||||
diri:
isarat, ancaman, percobaan (jika percobaan
|
tentang diri sendiri, beri pujian. Kaji ulang
|
keluarga dan
lingkungan. Beri pujian. Kaji risiko
|
keluarga dan
lingkungan serta kegiatan yang
|
peningkatan
positif diri, keluarga
|
||||||||
segera
rujuk)
|
risiko bunuh
diri
|
bunuh diri
|
dipilih.
Beri pujian
|
dan
lingkungan. Beri pujian
|
||||||||
2.
|
Identifikasi
benda-benda berbahaya dan
|
2.
|
Latih cara mengendalikan
diri dari
|
2.
|
Diskusikan
harapan dan masa depan
|
2. Latih
tahap kedua kegiatan mencapai masa
|
2.
|
Evaluasi
tahapan kegiatan
|
||||
mengankannya
(lingkungan aman untuk pasien)
|
dorongan
bunuh diri: buat daftar aspek
|
3.
|
Diskusikan
cara mencapai harapan dan masa
|
depan
|
mencapai
harapan masa depan
|
|||||||
3.
|
Latihan cara
mengendalikan diri dari
|
positif
keluarga dan lingkungan, latih
|
depan
|
3. Masukkan
pada jadual latihan berpikir positif
|
3.
|
Latih
kegiatan harian
|
||||||
PASIEN
|
dorongan
bunuh diri: buat daftar aspek positif
|
afirmasi/berpikir
aspek positif keluarga
|
4.
|
Latih
cara-cara mencapai harapan dan masa
|
tentang
diri, keluarga dan lingkungan, serta
|
4.
|
Nilai
kemampuan yang telah
|
|||||
diri
sendiri, latihan afirmasi/berpikir aspek
|
dan
lingkungan
|
depan secara
bertahap (setahap demi setahap)
|
kegiatan
yang dipilih untuk persiapan masa
|
mandiri
|
||||||||
positif yang
dimiliki
|
3.
|
Masukkan pada jadual
latihan berpikir
|
5.
|
Masukkan
pada jadual latihan berpikir positif
|
depan
|
5.
|
Nilai apakah
risiko bunuh diri
|
|||||
4.
|
Masukan pada
jadual latihan berpikir positif 5
|
positif
tentang diri, keluarga dan
|
tentang
diri, keluarga dan lingkungan dan
|
teratasi
|
||||||||
kali per
hari
|
lingkungan
|
tahapan
kegiatan yang dipilih
|
||||||||||
6
|
RISIKO
|
|||||||||||
BUNUH DIRI
|
1.
|
Diskusikan
masalah yg dirasakan dalam
|
1.
|
Evaluasi kegiatan keluarga
dalam
|
1.
|
Evaluasi kegiatan keluarga dalam memberikan
|
1. Evaluasi kegiatan keluarga dalam memberikan
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
|||
merawat pasien
|
memberikan
pujian dan penghargaan atas
|
pujian dan penghargaan pada
pasien serta
|
pujian, penghargaan,
menciptakan suasana
|
memberikan pujian,
penghargaan,
|
||||||||
2.
|
Jelaskan pengertian, tanda
& gejala, dan
|
keberhasilan dan aspek
positif pasien.
|
menciptakan suasana positif
dalam keluarga.
|
keluarga yang positif dan
kegiatan awal dalam
|
menciptakan suasana yang
positif
|
|||||||
proses terjadinya risiko
bunuh diri (gunakan
|
Beri pujian
|
Beri pujian
|
mencapai harapan masa
depan. Beri pujian
|
dan membimbing
langkah-langkah
|
||||||||
booklet)
|
2.
|
Latih cara memberi penghargaan pada
|
2.
|
Bersama keluarga berdiskusi
dengan pasien
|
2. Bersama keluarga
berdiskusi tentang langkah
|
mencapai harapan masa
depan.
|
||||||
KELUARGA
|
3.
|
Jelaskan cara merawat
risiko bunuh diri
|
pasien dan menciptakan
suasana positif
|
tentang harapan masa depan
serta langkah-
|
dan kegiatan untuk mencapai
harapan masa
|
Beri pujian
|
||||||
4.
|
Latih cara memberikan
pujian hal positif
|
dalam keluarga: tidak
membicarakan
|
langkah mencapainya
|
depan
|
2.
|
Nilai kemampuan keluarga
|
||||||
pasien, memberi dukungan
pencapaian masa
|
keburukan anggota keluarga
|
3. Anjurkan membantu pasien
sesuai jadual dan
|
3. Jelaskan follow up ke
RSJ/PKM, tanda
|
merawat pasien
|
||||||||
depan
|
3.
|
Anjurkan membantu pasien sesuai
|
berikan pujian
|
kambuh, rujukan
|
3.
|
Nilai kemampuan keluarga
|
||||||
5.
|
Anjurkan membantu pasien
sesuai jadual dan
|
jadual dan memberi pujian
|
4. Anjurkan membantu pasien
sesuai jadual dan
|
melakukan kontrol ke
RSJ/PKM
|
||||||||
memberikan pujian
|
memberikan pujian
|
|||||||||||
7
|
WAHAM
|
1.
|
Identifikasi
tanda dan gejala waham
|
1.
|
Evaluasi kegiatan pemenuhan
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan pemenuhan kebutuhan
|
1. Evaluasi
kegiatan pemenuhan kebutuhan
|
1.
|
Evaluasi
kegiatan pemenuhan
|
||
2.
|
Bantu
orientasi realitas: Panggil nama,
|
kebutuhan
pasien dan berikan pujian
|
pasien,
kegiatan yang dilakukan pasien dan
|
pasien,kegiatan
yang telah dilatih, dan minum
|
kebutuhan,
kegiatan yang dilatih
|
|||||||
orientasi waktu, orang dan
tempat/lingkungan
|
2.
|
Diskusikan kemampuan yang dimiliki
|
berikan pujian
|
obat Berikan pujian
|
dan minum obat. Beri pujian
|
|||||||
3.
|
Diskusikan kebutuhan pasien
yang tidak
|
3.
|
Latih kemampuan yang dipilih, berikan
|
2.
|
Jelaskan
tentang obat yang diminum (6 benar:
|
2. Diskusikan kebutuhan
lain dan cara
|
2.
|
Nilai kemampuan yang telah
|
||||
terpenuhi
|
pujian
|
jenis, guna,
dosis, frekuensi, cara, kontinuitas
|
memenuhinya
|
mandiri
|
||||||||
PASIEN
|
4. Bantu
pasien memenuhi kebutuhannya yang
|
4. Masukkan
pada jadual pemenuhan
|
minum obat)
dan tanyakan manfaat yang
|
3.
Diskusikan kemampuan yang dimiliki dan
|
3. Nilai apakah frekuensi munculnya
|
|||||||
realistis
|
kebutuhan
dan kegiatan yang telah dilatih
|
dirasakan pasien
|
memilih yang akan dilatih.
Kemudian latih
|
waham berkurang, apakah
waham
|
||||||||
5. Masukan pada jadual
kegiatan pemenuhan
|
3. Masukkan pada jadual
pemenuhan
|
4. Masukkan pada jadual
pemenuhan
|
terkontrol
|
|||||||||
kebutuhan
|
kebutuhan, kegiatan yang
telah dilatih dan obat
|
kebutuhan, kegiatan yang
telah dilatih, minum
|
||||||||||
obat
|
||||||||||||







NO
|
DIAGNOSA
|
TINDAKAN
|
PERTEMUAN
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5 S.D 12
|
|||||
1.
|
Diskusikan
masalah yg dirasakan dalam
|
1.
|
Evaluasi kegiatan keluarga
dalam
|
1. Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1. Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
1. Evaluasi
kegiatan keluarga dalam
|
|||
merawat
pasien
|
membimbing
pasien memenuhi
|
membimbing
memenuhi kebutuhan pasien dan
|
membimbing
memenuhi kebutuhan pasien,
|
membimbing memenuhi kebutuhan
|
|||||
2.
|
Jelaskan
pengertian, tanda & gejala, dan
|
kebutuhannya.
Beri pujian
|
membimbing
pasien melaksanakan kegiatan
|
membimbing
pasien melaksanakan kegiatan
|
pasien,
membimbing pasien
|
||||
proses
terjadinya waham (gunakan booklet)
|
2.
|
Latih
cara memenuhi kebutuhan pasien
|
yang telah
dilatih. Beri pujian
|
yang telah
dilatih dan minum obat. Berikan
|
melaksanakan
kegiatan yang telah
|
||||
KELUARGA
|
3.
|
Jelaskan
cara merawat: tidak disangkal, tidak
|
3.
|
Latih cara melatih kemampuan
yang
|
2. Jelaskan
obat yang diminum oleh pasien dan
|
pujian
|
dilatih,
minum obat. Berikan pujian
|
||
diikuti/diterima
(netral)
|
dimiliki
pasien
|
cara
membimbingnya
|
2. Jelaskan
follow up ke RSJ/PKM, tanda
|
2. Nilai
kemampuan keluarga
|
|||||
4.
|
Latih cara
mengetahui kebutuhan pasien dan
|
4.
|
Anjurkan membantu pasien sesuai
|
3. Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
kambuh,
rujukan
|
merawat
pasien
|
|||
mengetahui
kemampuan pasien
|
jadual dan
memberi pujian
|
memberikan
pujian
|
3. Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
3. Nilai
kemampuan keluarga
|
|||||
5. Anjurkan
membantu pasien sesuai jadual dan
|
memberikan
pujian
|
melakukan
kontrol ke RSJ/PKM
|
|||||||
memberi
pujian
|
|||||||||
Komentar
Posting Komentar