SP Intervensi Pasien dengan Gangguan Jiwa (Matrix Intervensi)


PEDOMAN ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN GANGGUAN JIWA

NO
DIAGNOSA
TINDAKAN





PERTEMUAN





1

2

3

4

5 S.D 12











1.
Identifikasi penyebab isolasi sosial: siapa yang
1. Evaluasi kegiatan berkenalan (berapa
1.
Evaluasi kegiatan latihan berkenalan (berapa
1.
Evaluasi kegiatan latihan berkenalan, bicara
1.
Evaluasi kegiatan latihan



serumah, siapa yang dekat, yang tidak dekat,

orang). Beri pujian
orang) & bicara saat melakukan dua kegiatan
saat melakukan empat kegiatan harian. Beri
berkenalan, berbicara saat



dan apa sebabnya

2. Latih cara berbicara saat melakukan
harian. Beri pujian
pujian
melakukan kegiatan harian dan



2.
Keuntungan punya teman dan bercakap-cakap
kegiatan harian (latih 2 kegiatan)
2.
Latih cara berbicara saat melakukan kegiatan
2.
Latih cara bicara sosial: meminta sesuatu,
sosialisasi. Beri pujian



3.
Kerugian tidak punya teman dan tidak

3. Masukkan pada jadual kegiatan untuk
harian (2 kegiatan baru)
menjawab pertanyan
2.
Latih kegiatan harian


PASIEN
bercakap-cakap

latihan berkenalan 2- 3 orang pasien,
3.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan
3.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan
3.
Nilai kemampuan yang telah



4.
Latih cara berkenalan dengan pasien dan

perawat dan tamu, berbicara saat
berkenalan 4-5 orang, berbicara saat melakukan
berkenalan >5 orang, orang baru, berbicara saat
mandiri



perawat atau tamu

melakukan kegiatan harian
4 kegiatan harian
melakukan kegiatan harian dan sosialisasi
4.
Nilai apakah isolasi sosial teratasi



5.
Masukan pada jadual kegiatan untuk latihan











berkenalan








1
ISOLASI











SOSIAL

1.
Diskusikan masalah yg dirasakan dalam

1. Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam






merawat pasien

merawat/melatih pasien berkenalan dan
merawat/melatih pasien berkenalan, berbicara
merawat/melatih pasien berkenalan, berbicara
merawat/melatih pasien



2.
Jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan

berbicara saat melakukan kegiatan
saat melakukan kegiatan harian. Beri pujian
saat melakukan kegiatan harian/RT, berbelanja.
berkenalan, berbicara saat



proses terjadinya isolasi sosial (gunakan booklet)
harian. Beri pujian
2.
Jelaskan cara melatih pasien melakukan
Beri pujian
melakukan kegiatan harian/RT,



3.
Jelaskan cara merawat isolasi sosial

2. Jelaskan kegiatan rumah tangga yang
kegiatan sosial seperti berbelanja, meminta
2.
Jelaskan follow up ke RSJ/PKM, tanda
berbelanja & kegiatan lain dan


KELUARGA
4.
Latih dua cara merawat berkenalan, berbicara
dapat melibatkan pasien berbicara
sesuatu dll
kambuh, rujukan
follow up. Beri pujian



saat melakukan kegiatan harian

(makan, sholat bersama) di rumah
3.
Latih keluarga mengajak pasien belanja saat
3.
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual
2.
Nilai kemampuan keluarga



5. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
3. Latih cara membimbing pasien
besuk
kegiatan dan memberikan pujian
merawat pasien



memberikan pujian saat besuk

berbicara dan memberi pujian
4.
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan


3.
Nilai kemampuan keluarga






4. Anjurkan membantu pasien sesuai
berikan pujian saat besuk


melakukan kontrol ke RSJ/PKM






jadual saat besuk



































1.
Identifikasi masalah perawatan diri:

1. Evaluasi kegiatan kebersihan diri. Beri
1.
Evaluasi kegiatan kebersihan diri dan
1.
Evaluasi kegiatan kebersihan diri, berdandan,
1.
Evaluasi kegiatan latihan



kebersihan diri, berdandan, makan/minum,

pujian
berdandan. Beri pujian
makan & minum. Beri pujian
perawatan diri: kebersihan diri,



BAB/BAK
2.
2. Jelaskan cara dan alat untuk berdandan
2. Jelaskan cara dan alat makan dan minum
2. Jelaskan cara BAB dan BAK yang baik
berdandan, makan & minum, BAB &



Jelaskan pentingnya kebersihan diri

3. Latih cara berdandan setelah
3.
Latih cara makan dan minum yang baik
3.
Latih BAB dan BAK yang baik
BAK. Beri pujian



3.
Jalaskan cara dan alat kebersihan diri

kebersihan diri: sisiran, rias muka untuk
4.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan
4.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan
2.
Latih kegiatan harian


PASIEN
4.
Latih cara menjaga kebersihan diri: mandi dan
perempuan; sisiran, cukuran untuk pria
kebersihan diri, berdandan dan makan & minum
kebersihan diri, berdandan, makan & minum
3.
Nilai kemampuan yang telah


ganti pakaian, sikat gigi, cuci rambut, potong

4. Masukkan pada jadual kegiatan untuk
yang baik
dan BAB&BAK
mandiri



kuku

kebersihan diri dan berdandan




4.
Nilai apakah perawatan diri telah



5.
Masukan pada jadual kegiatan untuk latihan






baik



mandi, sikat gigi (2 kali per hari), cuci rambut (2








DEFISIT

kali per minggu), potong kuku (satu kali per








2
PERAWATAN

minggu)









DIRI













1.
Diskusikan masalah yg dirasakan dalam

1. Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam







merawat pasien

merawat/melatih pasien kebersihan diri.
merawat/melatih pasien kebersihan diri dan
merawat/melatih pasien kebersihan diri,
merawat/melatih pasien dalam



2.
Jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan

Beri pujian
berdandan. Beri pujian
berdandan, makan & minum. Beri pujian
perawatan diri: kebersihan diri,



proses terjadinya defisit perawatan diri

2. Latih dua (yang lain) cara merawat :
2.
Bimbing keluarga merawat kebersihan diri
2.
Bimbing keluarga merawat BAB dan BAK
berdandan, makan & minum, BAB &



(gunakan booklet)

Makan & minum, BAB & BAK
dan berdandan dan makan & minum pasien
pasien
BAK. Beri pujian


KELUARGA
3.
Jelaskan cara merawat defisit perawatan diri
3. Anjurkan membantu pasien sesuai
3.
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
3.
Jelaskan follow up ke RSJ/PKM, tanda
2.
Nilai kemampuan keluarga



4.
Latih dua cara merawat : kebersihan diri dan

jadual dan memberi pujian
berikan pujian
kambuh, rujukan
merawat pasien



berdandan




4.
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
3.
Nilai kemampuan keluarga



5. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan



memberikan pujian
melakukan kontrol ke RSJ/PKM



memberikan pujian























PEDOMAN ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN GANGGUAN JIWA

NO
DIAGNOSA
TINDAKAN






PERTEMUAN






1

2

3

4

5 S.D 12












1.

Identifikasi halusinasi: isi, frekuensi, waktu
1.
Evaluasi kegiatan menghardik. Beri
1.
Evaluasi kegiatan latihan menghardik & obat.
1.
Evaluasi kegiatan latihan menghardik & obat
1.
Evaluasi kegiatan latihan



terjadi, situasi pencetus, perasaan, respon
pujian
Beri pujian
& bercakap-cakap. Beri pujian
menghardik & obat & bercakap-



2.

Jelaskan cara mengontrol halusinasi: hardik,
2.
Latih cara mengontrol halusinasi
2.
Latih cara mengontrol halusinasi dg bercakap-
2.
Latih cara mengontrol halusinasi dg
cakap & kegiatan harian. Beri pujian



obat, bercakap-cakap, melakukan kegiatan
dengan obat (jelaskan 6 benar: jenis,
cakap saat terjadi halusinasi
melakukan kegiatan harian (mulai 2 kegiatan)
2.
Latih kegiatan harian


PASIEN
3.

Latih cara mengontrol halusinasi dg
guna, dosis, frekuensi, cara, kontinuitas
3.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan
3.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan
3.
Nilai kemampuan yang telah


menghardik
minum obat)
menghardik, minum obat dan bercakap-cakap
menghardik, minum obat, bercakap-cakap dan
mandiri






4.

Masukan pada jadual kegiatan untuk latihan
3.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk


kegiatan harian
4.
Nilai apakah halusinasi terkontrol



menghardik
latihan menghardik dan minum obat






3
HALUSINASI












1.
Diskusikan masalah yg dirasakan dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam



merawat pasien
merawat/melatih pasien menghardik.
merawat/melatih pasien menghardik dan
merawat/melatih pasien menghardik,
merawat/melatih pasien



2.

Jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan
Beri pujian
memberikan obat. Beri pujian
memberikan obat & bercakap-cakap. Beri pujian
menghardik &  memberikan obat &



proses terjadinya halusinasi (gunakan booklet)
2.
Jelaskan 6 benar cara memberikan
2.
Jelaskan cara bercakap-cakap dan melakukan
2.
Jelaskan follow up ke RSJ/PKM, tanda
bercakap-cakap & melakukkan



3.

Jelaskan cara merawat halusinasi
obat
kegiatan untuk mengontrol halusinasi
kambuh, rujukan
kegiatan harian dan follow up. Beri


KELUARGA
4.
Latih cara merawat halusinasi: hardik
3.
Latih cara memberikan/ membimbing
3.
Latih dan sediakan waktu bercakap-cakap
3.
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
pujian



5.

Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
minum obat
dengan pasien terutama saat halusinasi
memberikan pujian
2.
Nilai kemampuan keluarga



memberi pujian
4. Anjurkan membantu pasien sesuai
4. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan


merawat pasien






jadual dan memberi pujian
memberikan pujian


3. Nilai kemampuan keluarga












melakukan kontrol ke RSJ/PKM































1.

Identifikasi penyebab, tanda & gejala, PK yang
1.
Evaluasi kegiatan latihan fisik. Beri
1.
Evaluasi kegiatan latihan fisik & obat. Beri
1.
Evaluasi kegiatan latihan fisik & obat & verbal.
1.
Evaluasi kegiatan latihan fisik1,2



dilakukan, akibat PK
pujian
pujian
Beri pujian
& obat & verbal & spiritual. Beri



2.

Jelaskan cara mengontrol PK: fisik, obat,
2.
Latih cara mengontrol PK dengan obat
2.
Latih cara mengontrol PK secara verbal (3
2.
Latih cara mengontrol spiritual (2 kegiatan)
pujian


PASIEN
verbal, spiritual
(jelaskan 6 benar: jenis, guna, dosis,
cara, yaitu: mengungkapkan, meminta, menolak
3.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan
2.
Nilai kemampuan yang telah


3.
Latihan cara mengontrol PK secara fisik: tarik
frekuensi, cara, kontinuitas minum obat)
dengan benar)
fisik, minum obat, verbal dan spiritual
mandiri



nafas dalam dan pukul kasur dan bantal
3.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk
3.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan


3.
Nilai apakah PK terkontrol



4.

Masukan pada jadual kegiatan untuk latihan
latihan fisik dan minum obat
fisik, minum obat dan verbal







fisik





















4
RISIKO PK

1.
Diskusikan masalah yg dirasakan dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam



merawat pasien
merawat/melatih pasien fisik. Beri pujian
merawat/melatih pasien fisik dan memberikan
merawat/melatih pasien fisik, memberikan
merawat/melatih pasien fisik,



2.

Jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan
2.
Jelaskan 6 benar cara memberikan
obat. Beri pujian
obat, latihan bicara yang baik & kegiatan
memberikan obat, cara bicara yang



proses terjadinya PK (gunakan booklet)
obat
2.
Latih cara membimbing: cara bicara yang baik
spiritual. Beri pujian
baik & kegiatan spiritual dan follow


KELUARGA
3.
Jelaskan cara merawat PK
3.
Latih cara memberikan/membimbing
3.
Latih cara membimbing kegiatan spiritual
2.
Jelaskan follow up ke RSJ/PKM, tanda
up. Beri pujian



4. Latih satu cara merawat PK dengan
minum obat
4. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
kambuh, rujukan
2. Nilai kemampuan keluarga



melakukan kegiatan fisik: tarik nafas dalam dan
4.
Anjurkan membantu pasien sesuai
memberikan pujian
3.
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
merawat pasien



pukul kasur dan bantal
jadual dan memberi pujian


memberikan pujian
3.
Nilai kemampuan keluarga



5. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan






melakukan kontrol ke RSJ/PKM



memberi pujian

























1.

Identifikasi kemampuan melakukan kegiatan
1.
Evaluasi kegiatan pertama yang telah
1.
Evaluasi kegiatan pertama dan kedua yang
1.
Evaluasi kegiatan pertama, kedua, dan ketiga
1.
Evaluasi kegiatan latihan dan



dan aspek positif pasien (buat daftar kegiatan)
dilatih dan berikan pujian
telah dilatih dan berikan pujian
yang telah dilatih dan berikan pujian
berikan pujian.



2.

Bantu pasien menilai kegiatan yang dapat
2.
Bantu pasien memilih kegiatan kedua
2.
Bantu pasien memilih kegiatan ketiga yang
2.
Bantu pasien memilih kegiatan keempat yang
2.
Latih kegiatan dilanjutkan sampai



dilakukan saat ini (pilih dari daftar kegiatan) :
yang akan dilatih
akan dilatih
akan dilatih
tak terhingga



buat daftar kegiatan yang dapat dilakukan saat
3.
Latih kegiatan kedua kedua (alat dan
3.
Latih kegiatan ketiga (alat dan cara)
3.
Latih kegiatan keempat (alat dan cara)
3.
Nilai kemampuan yang telah


PASIEN
ini

cara)
4.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan:
4.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk latihan:
mandiri


3.

Bantu pasien memilih salah satu kegiatan
4.
Masukkan pada jadual kegiatan untuk
tiga kegiatan, masing-masing dua kali per hari
empat kegiatan masing-masing dua kali per hari
4.
Nilai apakah harga diri pasien







yang dapat dilakukan saat ini untuk dilatih
latihan: dua kegiatan masing2 dua kali per




meningkat



4.

Latih kegiatan yang dipilih (alat dan cara
hari









melakukannya)











5.

Masukan pada jadual kegiatan untuk latihan











dua kali per hari
























PEDOMAN ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN GANGGUAN JIWA

NO
DIAGNOSA
TINDAKAN






PERTEMUAN





1

2

3
4

5 S.D 12









HARGA DIRI

1.
Diskusikan masalah yg dirasakan dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1. Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
5

merawat pasien

membimbing pasien melaksanakan
membimbing pasien melaksanakan kegiatan
membimbing pasien melaksanakan kegiatan
membimbing pasien melakukan

RENDAH

2.
Jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan
kegiatan pertama yang dipilih dan dilatih
pertama dan kedua yang telah dilatih. Beri
pertama, kedua dan ketiga. Beri pujian
kegiatan yang dipilih oleh pasien.






proses terjadinya harga diri rendah (gunakan
pasien. Beri pujian
pujian
2. Bersama keluarga melatih pasien melakukan
Beri pujian



booklet)

2.
Bersama keluarga melatih pasien
2.
Bersama keluarga melatih pasien melakukan
kegiatan keempat yang dipilih
2.
Nilai kemampuan keluarga



3.
Diskusikan kemampuan atau aspek positif
dalam melakukan kegiatan kedua yang
kegiatan ketiga yang dipilih
3. Jelaskan follow up ke RSJ/PKM, tanda
mmbimbing pasien



pasien yang pernah dimiliki sebelum dan setelah
dipilih pasien
3.
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
kambuh, rujukan
3.
Nilai kemampuan keluarga


KELUARGA
sakit
4. Jelaskan
3.
Anjurkan membantu pasien sesuai
berikan pujian
4. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
melakukan kontrol ke RSJ/PKM



cara merawat harga diri rendah terutama
jadual dan memberi pujian


memberikan pujian





memberikan pujian semua hal yang positif pada










pasien











5.
Latih keluarga memberi tanggung jawab










kegiatan pertama yang dipilih pasien: bimbing










dan beri pujian











6.
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan










memberikan pujian























1.
Identifikasi beratnya masalah risiko bunuh
1.
Evaluasi kegiatan berpikir positif
1.
Evaluasi kegiatan berpikir positif tentang diri,
1. Evaluasi kegiatan berpikir positif tentang diri,
1.
Evaluasi kegiatan latihan



diri: isarat, ancaman, percobaan (jika percobaan
tentang diri sendiri, beri pujian. Kaji ulang
keluarga dan lingkungan. Beri pujian. Kaji risiko
keluarga dan lingkungan serta kegiatan yang
peningkatan positif diri, keluarga



segera rujuk)

risiko bunuh diri
bunuh diri
dipilih. Beri pujian
dan lingkungan. Beri pujian



2.
Identifikasi benda-benda berbahaya dan
2.
Latih cara mengendalikan diri dari
2.
Diskusikan harapan dan masa depan
2. Latih tahap kedua kegiatan mencapai masa
2.
Evaluasi tahapan kegiatan



mengankannya (lingkungan aman untuk pasien)
dorongan bunuh diri: buat daftar aspek
3.
Diskusikan cara mencapai harapan dan masa
depan
mencapai harapan masa depan



3.
Latihan cara mengendalikan diri dari
positif keluarga dan lingkungan, latih
depan
3. Masukkan pada jadual latihan berpikir positif
3.
Latih kegiatan harian


PASIEN
dorongan bunuh diri: buat daftar aspek positif
afirmasi/berpikir aspek positif keluarga
4.
Latih cara-cara mencapai harapan dan masa
tentang diri, keluarga dan lingkungan, serta
4.
Nilai kemampuan yang telah



diri sendiri, latihan afirmasi/berpikir aspek
dan lingkungan
depan secara bertahap (setahap demi setahap)
kegiatan yang dipilih untuk persiapan masa
mandiri



positif yang dimiliki

3.
Masukkan pada jadual latihan berpikir
5.
Masukkan pada jadual latihan berpikir positif
depan
5.
Nilai apakah risiko bunuh diri



4.
Masukan pada jadual latihan berpikir positif 5
positif tentang diri, keluarga dan
tentang diri, keluarga dan lingkungan dan

teratasi



kali per hari

lingkungan
tahapan kegiatan yang dipilih



6
RISIKO











BUNUH DIRI

1.
Diskusikan masalah yg dirasakan dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam memberikan
1. Evaluasi kegiatan keluarga dalam memberikan
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam



merawat pasien

memberikan pujian dan penghargaan atas
pujian dan penghargaan pada pasien serta
pujian, penghargaan, menciptakan suasana
memberikan pujian, penghargaan,



2.
Jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan
keberhasilan dan aspek positif pasien.
menciptakan suasana positif dalam keluarga.
keluarga yang positif dan kegiatan awal dalam
menciptakan suasana yang positif



proses terjadinya risiko bunuh diri (gunakan
Beri pujian
Beri pujian
mencapai harapan masa depan. Beri pujian
dan membimbing langkah-langkah



booklet)

2.
Latih cara memberi penghargaan pada
2.
Bersama keluarga berdiskusi dengan pasien
2. Bersama keluarga berdiskusi tentang langkah
mencapai harapan masa depan.


KELUARGA
3.
Jelaskan cara merawat risiko bunuh diri
pasien dan menciptakan suasana positif
tentang harapan masa depan serta langkah-
dan kegiatan untuk mencapai harapan masa
Beri pujian


4.
Latih cara memberikan pujian hal positif
dalam keluarga: tidak membicarakan
langkah mencapainya
depan
2.
Nilai kemampuan keluarga



pasien, memberi dukungan pencapaian masa
keburukan anggota keluarga
3. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
3. Jelaskan follow up ke RSJ/PKM, tanda
merawat pasien



depan

3.
Anjurkan membantu pasien sesuai
berikan pujian
kambuh, rujukan
3.
Nilai kemampuan keluarga



5.
Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
jadual dan memberi pujian


4. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
melakukan kontrol ke RSJ/PKM



memberikan pujian





memberikan pujian


























7
WAHAM

1.
Identifikasi tanda dan gejala waham
1.
Evaluasi kegiatan pemenuhan
1.
Evaluasi kegiatan pemenuhan kebutuhan
1. Evaluasi kegiatan pemenuhan kebutuhan
1.
Evaluasi kegiatan pemenuhan



2.
Bantu orientasi realitas: Panggil nama,
kebutuhan pasien dan berikan pujian
pasien, kegiatan yang dilakukan pasien dan
pasien,kegiatan yang telah dilatih, dan minum
kebutuhan, kegiatan yang dilatih



orientasi waktu, orang dan tempat/lingkungan
2.
Diskusikan kemampuan yang dimiliki
berikan pujian
obat Berikan pujian
dan minum obat. Beri pujian



3.
Diskusikan kebutuhan pasien yang tidak
3.
Latih kemampuan yang dipilih, berikan
2.
Jelaskan tentang obat yang diminum (6 benar:
2. Diskusikan kebutuhan lain dan cara
2.
Nilai kemampuan yang telah



terpenuhi

pujian
jenis, guna, dosis, frekuensi, cara, kontinuitas
memenuhinya
mandiri


PASIEN
4. Bantu pasien memenuhi kebutuhannya yang
4. Masukkan pada jadual pemenuhan
minum obat) dan tanyakan manfaat yang
3. Diskusikan kemampuan yang dimiliki dan
3. Nilai apakah frekuensi munculnya



realistis

kebutuhan dan kegiatan yang telah dilatih
dirasakan pasien
memilih yang akan dilatih. Kemudian latih
waham berkurang, apakah waham



5. Masukan pada jadual kegiatan pemenuhan


3. Masukkan pada jadual pemenuhan
4. Masukkan pada jadual pemenuhan
terkontrol



kebutuhan



kebutuhan, kegiatan yang telah dilatih dan obat
kebutuhan, kegiatan yang telah dilatih, minum












obat

















PEDOMAN ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN GANGGUAN JIWA


NO
DIAGNOSA
TINDAKAN




PERTEMUAN



1

2
3
4
5 S.D 12








1.
Diskusikan masalah yg dirasakan dalam
1.
Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1. Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1. Evaluasi kegiatan keluarga dalam
1. Evaluasi kegiatan keluarga dalam



merawat pasien
membimbing pasien memenuhi
membimbing memenuhi kebutuhan pasien dan
membimbing memenuhi kebutuhan pasien,
membimbing memenuhi kebutuhan



2.
Jelaskan pengertian, tanda & gejala, dan
kebutuhannya. Beri pujian
membimbing pasien melaksanakan kegiatan
membimbing pasien melaksanakan kegiatan
pasien, membimbing pasien



proses terjadinya waham (gunakan booklet)
2.
Latih cara memenuhi kebutuhan pasien
yang telah dilatih. Beri pujian
yang telah dilatih dan minum obat. Berikan
melaksanakan kegiatan yang telah


KELUARGA
3.
Jelaskan cara merawat: tidak disangkal, tidak
3.
Latih cara melatih kemampuan yang
2. Jelaskan obat yang diminum oleh pasien dan
pujian
dilatih, minum obat. Berikan pujian


diikuti/diterima (netral)
dimiliki pasien
cara membimbingnya
2. Jelaskan follow up ke RSJ/PKM, tanda
2. Nilai kemampuan keluarga



4.
Latih cara mengetahui kebutuhan pasien dan
4.
Anjurkan membantu pasien sesuai
3. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
kambuh, rujukan
merawat pasien



mengetahui kemampuan pasien
jadual dan memberi pujian
memberikan pujian
3. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan
3. Nilai kemampuan keluarga



5. Anjurkan membantu pasien sesuai jadual dan



memberikan pujian
melakukan kontrol ke RSJ/PKM



memberi pujian















Komentar